Objek Wisata Seru Dekat Bandara Ahmad Yani Semarang

Libur panjang sudah berakhir, deretan hari libur cuti bersama sudah tidak bakal kamu temui di kalender 2019 hingga akhir tahun. Akan tetapi, jika kamu sudah kebelet ingin melepas penat ke luar kota, tidak ada salahnya liburan sejenak di akhir pekan. Tidak usah jauh-jauh, kamu hanya perlu berburu tiket pesawat murah ke Semarang. Kenapa Semarang? Karena di sana kamu bisa menjajal berbagai objek wisata yang lokasinya sangat dekat dari bandara. Contohnya, seperti 5 tempat di bawah ini.

Daftar Objek Wisata Seru Dekat Bandara Ahmad Yani Semarang

1. Hutan Mangrove EduPark

Berlokasi di dekat Pantai Maron daerah Tugurejo, Tugu, hutan mangrove ini hanya berjarak sekitar 9.5 km (30 menit berkendara) di sebelah barat laut Bandara Ahmad Yani. Saking dekatnya, kamu bisa melihat pesawat yang take off dan landing dengan sangat jelas sambil duduk-duduk menikmati sejuknya udara di area mangrove. Hutan Mangrove EduPark merupakan kawasan ekowisata hutan mangrove berbasis edukasi pertama yang ada di Semarang. Jadi, kamu bisa membawa anak atau keponakan untuk berwisata sambil belajar di sini.

2. Grand Maerokoco

Sama-sama daerah wisata mangrove, kawasan Grand Maerokoco (atau Maerakaca) ini berlokasi di Tawangsari dan hanya berjarak 2.8 km dari Bandara Ahmad Yani. Satu yang membedakan Grand Maerokoco dengan Hutan Mangrove EduPark, kawasan ini lebih ditujukan untuk hiburan santai keluarga serta spot foto menarik yang instagramable. Grand Maerokoco sering disebut sebagai Taman Mini-nya Jawa Tengah karena di dalamnya terdapat 35 anjungan kota/kabupaten. Tidak hanya itu, berbagai miniatur bangunan candi yang ada di Jawa Tengah juga bisa kamu temukan di sini.

3. Chinatown Semarang

Ingin rasakan suasana yang berbeda, tetapi juga ‘sangat Semarang’? Kamu bisa mengunjungi kawasan Chinatown Semarang yang hanya berjarak 9.6 km dari bandara. Berada di kabupaten Kauman, kawasan ini bakal memberikan pengalaman unik begitu kamu masuk ke dalamnya. Pusat dari kawasan ini adalah kuil Tay Kak Sie yang dibangun sejak 1746 dan replika kapal milik Laksamana Cheng Ho. Sebagai tempat hiburan dan wisata, Chinatown Semarang hanya buka di malam hari dan menawarkan berbagai jajanan mulai dari buah, sayur, dan hasil laut yang berkualitas. Tidak hanya itu, kawasan yang juga disebut Semawis oleh warga lokal ini turut diramaikan oleh puluhan pedagang kaki lima yang menawarkan hidangan khas Pecinan Semarang. Lapar dan ingin makan lumpia goreng nan hangat? Di sini tempatnya. 

4. Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Jika perjalananmu ke Semarang turut diramaikan dengan anak atau keponakan, kawasan wisata Old City 3D Trick Art Museum bisa menjadi lokasi hiburan yang tepat. Berjarak hanya 7.5 km dari Bandara Ahmad Yani, museum yang dibangun di kawasan Old Town Jln. Letjen Suprapto ini menyajikan banyak seni lukis 3-D yang bakal membuat anak-anak (dan tentunya orang dewasa) heboh untuk berswafoto. Museum ini memiliki lebih dari 100 lukisan trik 3 dimensi yang bisa kamu jadikan background saat lakukan selfie. Uniknya lagi, lukisan di tempat ini diubah setiap 3 bulan agar pengunjung selalu mendapatkan pengalaman baru di setiap kunjungan.

5. Lawang Sewu

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Semarang tanpa menyambangi Lawang Sewu. Bangunan super besar yang memiliki lebih dari 600 jendela ini dibangun sejak tahun 1904 dan hanya berjarak 6.4 km dari Bandara Ahmad Yani. Tidak perlu takut berkunjung hanya karena tempat ini sering disebut berhantu, ya. Kamu tetap bisa berkeliling di area luar Lawang Sewu sambil menikmati megahnya bangunan ini.

Nah, itu dia 5 lokasi wisata menarik di Semarang yang lokasinya tidak jauh dari bandara. Gimana, mulai tertarik untuk packing?